Eksistensi

Sudah hampir pukul dua. Saya tidak bisa tidur. Tadi hampir dua jam berbaring dalam gelap, dengan mata terpejam, tetapi tidak juga tidur. Jadi ya sudahlah, saya kembali menyalakan lampu dan laptop. Dengan perut keroncongan, dan mata yang seperti bisa dipastikan, besok akan berkantung hitam.

Megang buku, biar ngantuk, tapi baru baca sebaris ga ngerti-ngerti itu apaan. Seakan bakal bisa nulis aja ya nyalain laptop pada saat tubuh sedang lelah dan kepala sudah dipakai ngedit sebuku dan nerjemahin sekian halaman.

Tiba-tiba teringat pertama kalinya saya menangis dengan sukses di hadapan seseorang selain anggota keluarga. Sampai sesenggukan. Gara-gara apa, coba? Gara-gara mikirin eksistensi.

Atuhlah. Sebenarnya saya sudah selesai dengan urusan eksistensi. Seharusnya. Sejak bertahun-tahun lalu waktu masih asyik bergelut dengan para pemikir eksistensialisme. Siapa namanya? Kierkegaard? Camus? Sartre?

Tapi waktu itu saya menangis sejadi-jadinya, memikirkan eksistensi manusia. Pertanyaan yang tidak pernah berakhir dan tidak pernah terjawab. Untuk apa kita hidup di dunia ini? Setelah kematian, lalu apa? Apa tujuannya? Terus tuhan ngapain nyiptain kita? Yah, jenis-jenis pertanyaan seperti itu lah… pertanyaan yang terngiang sejak saya kecil sampai sekarang.

Dan waktu itu, menyadari betapa sia-sianya kehidupan ini, saya menangis tersedu-sedu di pundaknya. Sampai terisak-isak dan bicara pun tersengal-sengal. Aneh sekali. 

Tetapi setelah itu tangis saya mereda dan saya mulai tertawa-tawa lepas tanpa beban. Terlalu memusingkan sih mencoba menjawab pertanyaan itu. Pada akhirnya, lebih baik kira menjalani kehidupan sekarang ini sebaik-baiknya sebahagia-bahagianya. Sejujur-jujurnya. Setinggi-tingginya. 

Toh, keinginan kita, perasaan kita, target dan segala macam, sebenarnya apa sih? Kita hanya senoktah kecil dalam gambaran semesta raya yang luasnya entah sampai mana. 

Begitulah. Semoga setelah ini saya tidur. 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

