review #nguping

saatnya mereview tulisan-tulisan #nguping yang masuk!

deg-degan, ga? enggak? baiklah.

 

saya enggak akan ngereview semua, ya, hanya tulisan yang berkesan aja. yang saya masih inget gimana ceritanya.

makhluk kecil penghuni kamar mandi – @acturindra

dari judul aja, sebenarnya udah ketahuan siapa penutur dalam cerita ini: kecoak. saya udah seriiiing banget baca cerpen dari sudut pandang kecoak. jadinya ga terlalu istimewa sih. bagian bersyukur menjadi kecoak mendingan dihilangkan, karena permasalahan hidup kecoak pun menurut saya sama peliknya dengan kehidupan manusia. lah baru dilihat dikit aja udah dilempar sandal, bukan?

secara teknis, ada beberapa ejaan yang masih salah ditulis.

misalnya, penggunaan imbuhan me-kan di kata menjijikkan. penulis kurang menambahkan satu huruf. beda lho artinya menjijikan dan menjijikkan. malah menurut saja, menjijikan malah ga ada artinya.

juga, penulisan huruf kapital. seharusnya, setelah tanda kutip, menggunakan koma dan huruf kecil. gini misalnya:

“Halo… iya, Om, sebentar lagi Helen sampai, kok. Ini lagi di jalan. Macet. Sabar ya, Om. Love you too. Muuuaaachh,” ucap perempuan yang tadi terburu-buru.

(lihat bagian yang digarisbawahi)

penggunaan om dan oom juga enggak konsisten. (yang benar om, btw, bukan oom).

makhluk, bukan mahluk.

itu aja sih. tulisannya asyik dibaca, menurutku 🙂

sang korban – @ry4nn

dari awal baca, saya sudah terganggu dengan kata antri (maklum editor, banyak terganggu sama kata ga baku. blah). seharusnya antre.

selain penulisan kata, menurut saya tulisan ini udah cukup oke. cuma bagian ini aneh:

Aku terbujur kaku di satu ruangan lembab dan gelap. Tanganku terikat ke belakang kursi.

terbujur, menurut kbbi, artinya adalah membaring atau tergeletak. bagaimana bisa kau terbujur sekaligus terikat ke belakang kursi? bagaimana cara dia membujur? di mana letak kursinya?

ter·bu·jur v terletak membujur; terbaring (menggeletak);

berminyak – @siputriwidi

dari judulnya saja saya sudah tergiring. ini tentang apa? kenapa judulnya seperti itu? ketika baca kalimat pertamanya, saya langsung penasaran

Aku memandangi sebuah stoples kaca berkilau yang berisi sepotong telinga.

membaca cerita bolak-balik antara tahun 2013 dan 2214, penulisnya berusaha mengkritik kebiasaan orang-orang yang senang bergunjing dan memfitnah orang. kelak di 2214, kisah di 2013 menjadi asal muasal virus fitnah yang membuat orang-orang jeri.

yang membuat saya agak terganggu, sih, penggunaan sapaan “mbak” di 2214 walau enggak menutup kemungkinan di tahun segitu masih manggil perempuan dengan panggilan mbak. terus, saya masih merasa kisah di 2013 masih belum selesai. melompat dibiarkan bolong karena takut merusak twist.

orang baru – @noichil

ini keren. penulis mengggiring pembacanya untuk mengira-ngira tempat baru seperti apa yang dimaksud narator. saya enggak langsung tahu dia di mana…

bendera merah – @poetrazaman

penulis membuat saya terkesiap tegang sepanjang membaca cerita ini. walaupun sejak narator menceritakan marni saya tahu ke mana penulis membawa ceritanya, tetapi cerita ini masih enak dinikmati sampai selesai. kisah ini agak mengingatkan saya pada novel “the boy in striped pajamas” (ada filmnya juga). apakah penulisnya pernah membaca/menonton film ini?

malaikat pengganti – @astriiavistaa

ini juga keren, walaupun twistnya seperti pernah baca entah di mana. tapi bukankah tidak ada cerita yang orisinal? cara menulisnya lumayan asyik, walaupun soal ejaan masih ada beberapa yang salah.

terus, tulisan siapa yang saya pilih?

(beneran bingung)

bikin poling aja apa, ya?

polling ditutup besok ya….

ps: maaf untuk para penulis jika merasa tersinggung dengan review saya.

8 thoughts on “review #nguping

  1. Terima kasih review-nya, Mbak Jia 🙂
    Saya belum pernah baca novel/film itu, tapi nanti saya cari deh 😀

  2. Terima kasih banyak teh Jia atas review, kritik, dan sarannya. Senang cerpen saya diapresiasi hehe.
    Soal cerita di 2013 itu.. Iya, soalnya saya merasa kalau dijelasin lagi bakal terlalu jelas 😐 haha.. Nuhun teteeeh

Leave a Reply

