#tantangannulis offline bandung

Image

hai teman-teman di bandung yang ngebet banget pengin jadi penulis novel tapi bingung mulai dari mana,

ikutan #tantangannulis offline yuk. untuk kelas pertama ini, kita akan belajar cara bikin outline untuk novel.

“hah? nulis novel harus pake outline? aku sih biasanya nulis novel ya nulis aja, ga usah pake outline-outline segala.”

mungkin beberapa dari kamu akan bereaksi seperti itu. ya nggak apa-apa juga, sih. cuma, buat beberapa dari kita yang pelupa, outline itu perlu. kenapa?

1. outline itu blueprint dari cerita kita. ibarat bikin rumah, kita rencanakan dulu seperti apa bentuk rumah itu, mau dibangun berapa lantai, mau dibikin ruangan apa aja, mau ada berapa ruangan, dll dll dll. kan ga lucu kan, kalau tiba-tiba di tengah-tengah pembangunan, rumahmu bingung mau dibikin gimana?

jangan sampai lah pas awal-awal kamu berencana nulis cerita cinta, eh pas di tengah-tengah ada kasus pembunuhannya gitu. kamu jadi kayak nggak tahu gitu mau cerita apaan.

2. outline mencegahmu dari kebuntuan menulis. karena kamu sudah tahu mau dibawa ke mana ceritamu, kamu nggak akan mendadak mentok karena ga kepikiran mau digimanain ceritanya. dengan adanya outline juga kamu bisa menulis bagian mana saja dulu, lalu menjahit dan merapikannya.

3. outline juga mencegahmu menulis cerita dengan banyak plot bolong dan nggak masuk akal. ingat, karya fiksi itu penuh tuntutan. pembaca nggak akan mudah disenangkan, dan mereka cerdas serta kritis. mereka selalu menuntut cerita fiksimu masuk akal. sudah pada nonton the raid 2? ingat betapa kamu terganggu dengan adanya salju di jakarta?

dan lain lain dan lain lain.

nah terus, bikin outline itu seperti apa, sih?

yuk kita ikut kelas #tantangannulis offline yang pertama!

kapan?

sabtu, 12 april 2014 pukul 10.00 – 14.00 wib

di mana?

redaksi gagasmedia bandung

kompleks setra dago. jalan setra dago utama no. 31 antapani bandung.

kalau mau ikutan, caranya gimana?

daftar via email ke erlinberlin@gmail.com dengan subjek #tantangannulis outline sebelum tanggal 10 april 2014 pukul 23.59 wib. di badan email, ceritakan kenapa kami harus memilihmu menjadi peserta. jika kamu sudah punya ide cerita, boleh disertakan juga di emailmu.

saya penginnya sih, semua peserta #tantangannulis ini selesai nulis novel dan diterbitkan. jadi, kalau yang kira-kira nulisnya malas-malasan dan cuma iseng-iseng, nggak usah ikutan. 

sepuluh orang terpilih akan dihubungi oleh @erlinberlin13 dengan rundown, alamat, dan apa saja yang harus kamu bawa pas kita sama-sama belajar nulis tanggal 12 april 2014 nanti.

sampai ketemu!

Advertisements

18 Comments Add yours

  1. Song Euncha says:

    Hallo Kak Jia, makasih banget informasinya. Kebetulan aku domisili Bandung dan berminat ikutan tantangan nulis offline ini.
    Tapi, sebelumnya pengen tanya dulu. Ini tuh sejenis seminar gitu bukan? Apa jadi kaya kelas menulis gitu di mana *sesuai judul* kita diwajibkan bikin outline cerita mendadak di tempat gitu?
    Sekian pertanyaanku.
    Terima kasih πŸ˜‰

    1. Jia says:

      hai,
      ini bukan seminar, tapi beneran belajar nulis outline di tempat dan presentasi ke temen-temen yang lain. nantinya kamu harus mengembangkan outline itu jadi novel.

      1. Song Euncha says:

        Ah, ya.
        Jadi begini bukan Kak, nanti peserta diminta buat outline cerita, lalu presentasi, setelah itu outline dikembangkan jadi novel?
        Nantinya outline yang sudah dikembangkan jadi novel ini ada kewajiban untuk diserahkan ke pihak penyelenggara tidak?
        Maaf nanyanya kebanyakan πŸ™‚

  2. Jia says:

    iya benaar.
    enggak ada kewajiban buat diserahkan, sih. kecuali kalau dalam proses penulisannya, kamu bolak-balik konsultasi sampai naskahnya selesai.

  3. malam Kak Jia, apakah kelas ini akan berlanjut ke proses penulisan lainnya. maksudnya, setelah kita belajar bikin outline akan dilanjutkan ke belajar komponen2 novel yg lain? jika iya, bagaimana masalah waktunya? trims.. πŸ™‚

  4. Mae_Rose says:

    pengen banget, tapi jam segitu masih kerja ka 😦

    1. Jia says:

      huhuhu, padahal hari sabtu ini 😦

  5. hai kak jia, apakah kelas ini berlanjut? maksudnya, setelah kita belajar menulis outline ini apakah akan dilanjutkan dengan kelas untuk belajar menulis komponen novel lainnya? trims πŸ™‚

  6. malam Kak Jia, apakah kelas ini akan
    berlanjut ke proses penulisan lainnya.
    maksudnya, setelah kita belajar bikin
    outline akan dilanjutkan ke belajar
    komponen2 novel yg lain? jika iya,
    bagaimana masalah waktunya? trims.. πŸ™‚

    1. Jia says:

      penginnya sih gitu, margareta. cuma belum dapet sistemnya. mungkin nanti bisa kita bicarakan pas acara πŸ™‚

  7. Rizka says:

    infonya menarik nih
    pengen ikut tapi saya blom ada ide tema novel yg mw dibikin. hiks

    1. Jia says:

      belum punya ide juga boleh ikutan kok, rizka. nanti kan ditantangin untuk mengeluarkan ide pas acara :p

  8. Kalau ini kelas pertama, berarti bakal ada kelas kedua dong, Kak? Pengin ikutan tapi ga bisa karena ada acara kebersamaan kantor. ._.

  9. Kalau ini kelas pertama, berarti bakal ada kelas kedua dong, Kak? Pengin ikutan tapi ga bisa karena jam segitu ada acara kebersamaan kantor. ._.

  10. Rhein Fathia says:

    Tadinya pengen ikut tapi bentrok.. hiks..hiks..

    1. Jia says:

      eh aku mau bikin kelasnya berlanjut, rhein.

  11. aku pengen kali ikuut belajar buat naskah novel, terus di kirim ke penerbit mayor.
    tapi di Medan (SUMUT) gak pernah ada sherring yang setakjub orrang2 jawa buat, pada hal aku punya naskah yang sering ditolak penerbit, gak tau salahnya dimana

  12. Cahya Bagus says:

    Saya sebenarnya ingin sekali ikut kelas2 seperti ini, tapi terlalu jauh, saya di papua, peekrjaan mengharuskan saya kemari. saya masih belajar menulis. apa bisa orang2 seperti saya bertukar pikiran dengan anda melalui email saja begitu?:)

    http://cahyabagushere.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s