menulis novel romance

waktu riset buat ngisi acara the secret of creative writing di gedung pos bandung tanggal 15 februari lalu, saya dikasih lihat lagi kalau romance memang genre paling juara secara penjualan. bukan hal baru, sih, sebenarnya. 

menurut penelitian dari Bowker Market Research tahun 2012 tentang survey pembelian buku baru dan pembaca novel romance, genre ini menghasilkan penjualan 1,438 miliar dolar amerika pada 2012. genre ini juga kategori best-seller paling tinggi berdasarkan New York Times, USA Today, dan Publishers Weekly. —ini perbandingan penjualannya di amerika dengan genre lain:

Image

mayan jauh kan, ya, perbandingannya?

*lap keringat*

*langsung nulis*

 

nah, buat kamu yang pengin nulis novel dengan spesialisasi genre romance, paling tidak, ada lima elemen penting dalam penulisan novel romance. ini dia:

 1. kedua tokoh utama harus disukai 

• tokoh utama cowok adalah jenis cowok yang bisa “melelehkan” hati pembaca (karena dia oh-so-hot!– ternyata tokoh utama cowoknya adalah kompor. oke jia jangan ngawur)

• tokoh utama ceweknya believable. sebisa mungkin, pembaca bisa membayangkan dirinya sebagai tokoh utama cewek yang disayangi tokoh utama cowok.

2. kedua tokoh utama harus dipertemukan di bagian-bagian awal cerita

kalau si tokoh utama cewek jadian sama tokoh cowok yang mendadak muncul di akhir cerita, udah bisa dipastikan bukumu dilempar. 

3. ada rintangan yang menghalangi kedua tokoh utama untuk bersatu

kalau adem ayem nggak ada konflik mah ya udah lah nggak usah ditulis. 

4. romantisme antara kedua tokoh harus terus meningkat seiring dengan berjalannya cerita

tahu lah ya, awalnya mungkin berantem-berantem, eh tapi kok… lama-lama makin romantis. lama-lama kok… ciuman? 

5. ending harus memuaskan

ini novel romance, jadi pembaca nggak berharap menemukan ending yang bikin syok terus stroke. hah, apa? endingnya ketabrak kuda trus jatoh ke jurang trus amnesia trus nggak jadi jadian? no no no no no. pembaca romance udah tahu apa yang akan mereka baca. yang mereka harapkan dari novel romance adalah adegan-adegan romantis yang membangun kisah cinta antara kedua tokoh utama. mereka tahu endingnya bakalan jadian. 

pokoknya, happy ending!

itu aja, semoga pengalaman menulismu juga happy ending, ya, diterima penerbit dan cepat terbit dan jadi best-seller.

selamat menulis dan semoga happy!

 

cups :*

 

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. aarun says:

    thanks a lot!!!

  2. RizkaJong says:

    Reblogged this on rizkajong and commented:
    Tokoh utama bagian terpenting dalam genre romance

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s