Uncategorized

tentang menulis review

kalau kamu penulis dan sering ngecek rating dan review di goodreads, pasti udah paham banget, ya, gimana perilaku (sebagian) reviewer di sana. alih-alih memberikan review membangun, banyak dari mereka yang mencela penulisnya.

lho, kok penulisnya yang dicela? yang harusnya dibahas kan bukunya?

jangan salah, bukan hanya penulisnya kok yang dicela, kadang editor sama layouternya juga kena. dibilangin magabut, lah, atau ngelayout sambil tutup mata, lah. kayaknya, kalau kepikiran, mereka juga bakal nyela orang keuangan penerbitnya, direkturnya, salesnya, marketingnya, dan semua yang terlibat di dalamnya.

kasihan, mungkin mereka kurang piknik. atau, waktu kuliah enggak ngambil matakuliah penulisan artikel dan resensi buku (lo pikir semua orang kuliah di tempat yang sama kayak elo? *inner-self marahin diri sendiri*)

sebagai penulis yang butuh masukan, kalau review jahat itu enggak sengaja terbaca, boleh bete sebentar aja, tapi abis itu lupakan. anggap aja kerikil kecil yang menghalangi perjalanan.

kalau kamu termasuk dalam kelompok reviewer yang kalau nulis review out of context, ini waktunya introspeksi diri. atau mulai piknik. atau, sederhana aja, jangan baca atau beli buku yang bakal bikin kamu marah-marah di goodreads. hey, baca buku yang enggak kamu suka itu capek, marah-marah bikin kamu lebih capek lagi. rugi marah-marah begitu, apalagi pas penulisnya dapat royalti dan banyak banget royaltinya. mereka tinggal kipas-kipas uang sambil menjulurkan lidah ke kamu. nih, hasil jerih payahku yang mau kamu lempar ke bantar gebang.

padahal, ya, kalau nulis review dengan baik, banyak keuntungan yang kamu dapat. penerbit bakal memperhatikan kamu, terus mulai mengirimi buku baru setiap kali terbit, buat direview. terus, kamu mulai kenal editor-editornya. kalau kamu berniat masuk dunia penerbitan, ini salah satu cara jitu buat memulainya.

sebelum jadi editor, saya adalah pustakawan di sctv. karena sering enggak ada kerjaan, saya nulis review di multiply dan buletin internal kantor. di multiply, saya berteman dengan editor-editor dan penerjemah biar sekalian belajar soal penerbitan. tahun 2009, penerbit atria buka lowongan jadi editor, saya melamar dan diterima. sejak saat itulah saya menjalani pekerjaan impian.

***

melihat fenomena review semena-mena ini, teman saya nadya punya ide buat bikin klub buku yang positif. anggotanya (yang boleh siapa aja), diharapkan bisa menulis review membangun. enggak, bukan berarti semua buku dipuja-puji, ya, tapi kritis. kalau ada kelemahannya ya diungkapkan, tapi dengan cara yang benar, bukan mencela.

buku yang dibahas di pertemuan pertama klabaku
buku yang dibahas di pertemuan pertama klabaku

nama klub buku ini, klabaku. sementara, pertemuannya baru diadakan di bandung, karena kami tinggal di bandung. pertemuan pertama membahas buku helene wicker, the golem and the jinni (dan ups, saya masih utang nulis reviewnya). pertemuan berikutnya akan dilangsungkan tanggal 10 oktober 2015 pukul 13.00 di daerah dago. menurut saya sih, bakal lebih seru karena bukan cuma satu buku yang dibahas. kami akan membahas novel thriller yang ditulis cewek-cewek. judul-judul buku yang akan dibahas: The Shining Girls (Lauren Beukes), The Girl on the Train (Paula Hawkins), Dark Places (Gillian Flynn), dan Misteri Patung Garam (Ruwi Meita). tapi, kalau kamu pengin  membaca dan membahas buku selain judul-judul di atas boleh juga, biar lebih seru bincang-bincang bukunya.

berhubung tempatnya agak terbatas, bila ada yang bersedia datang, silakan mendaftarkan diri ke klabakubdg@gmail.com.

akan ada buku gratis untuk peserta yang mendaftar dan datang.

yuk, baca dari sekarang.

Klabaku

FB: https://www.facebook.com/klabaku?fref=ts

Instagram: Klabaku

Twitter: @klabaku

Advertisements

5 thoughts on “tentang menulis review”

  1. Thanks tips dan tulisannya Mbak. 🙂 saya belom pernah kepikiran nulis di goodreads. Tapi bener emang, baca buku yang kita ga suka bikin capek memang. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s