menulis review novel

menyambung tulisan sebelumnya soal review buku, jadi kepikiran nulis tip, apa aja yang sebaiknya ditulis. soalnya, ada (banyak) reviewer yang menulis tinjauan buku, tapi isinya cuma quotes atau kutipan dari buku itu. errrr. eh, emang enggak boleh, ya nulis kutipan buku? boleh aja, sih. cuma, jangan sampai mendominasi review bukumu.

waktu saya kerja di penerbitan dulu, reviewer kayak gini nih paling malesin. udah mah reviewnya enggak membantu calon pembaca buat tahu kelebihan dan kekurangan buku itu, terus, suka belagu dengan colek-colek editor minta gratisan.

paling tidak, poin-poin ini yang sebaiknya ada dalam review novel yang kamu tulis:

  1. sinopsis

sinopsis ini berbeda dengan sinopsis yang dikirim penulis ke penerbit untuk menyertai naskahnya. isinya, garis besar cerita. singkat aja, jangan sampai menyebutkan spoiler. jangan terlalu mendetail.

2. hal-hal yang kamu sukai dalam novel itu

fokus pada apa yang kamu pikirkan atau rasakan ketika membaca buku. kamu bisa mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

siapa tokoh favoritmu? kenapa?

apakah tokohnya terasa nyata?

apakah ceritanya membuat kamu bertanya-tanya?

bagian mana favoritmu? kenapa?

adakah adegan-adegan yang ditulis bagus banget?

apakah buku itu membuatmu tertawa atau menangis? atau geram?

apakah buku itu bikin kamu enggak bisa ngapa-ngapain karena penginnya baca terus?

3. hal-hal yang tidak kamu sukai

4. menutup reviewnya, misalnya dengan menyarankan siapa saja yang sebaiknya membaca buku ini.

Advertisements
Categories Uncategorized

5 thoughts on “menulis review novel

  1. Halo, Mbak Jia. Salam kenal ya.

    Sebenarnya udah baca post ini dari kemarin-kemarin. Tapi baru kesampean mau komen sekarang karena tepat baru semalam aku lihat salah satu review yang persis kayak Mbak omongin di atas: kebanyakan quote yang mendominasi review buku. Nggak ada ulasan atau cuplikan sekilas yang ngasih gambaran ke pembaca tentang apa sih bukunya atau jalan ceritanya. Jadi inget sama post ini deh. 😉

    Terima kasih buat tipsnya, Mbak. Sekarang aku sedang memompa semangat buat rutin nulis review di blogku dan ingin terus memperbaiki penulisanku. Doakan lancar ya, Mbak. Sukses selalu. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s